Header Ads

E-Survey
--- selamat datang di portal resmi polres muara enim --- NO CALO – NO GRATIFIKASI – NO KKN --- terima kasih telah partisipasi dalam memberikan penilaian di e-Survey guna meningkatkan Kinerja Pelayanan Kami

Inovasi Polres Muara Enim dengan Marka jalan antisipasi penyebaran covid19


Di masa pandemi ini Sat lantas Polres Muara Enim melakukan sosialisasi Marka jalan dengan sesuai protokol kesehatan covid-19 di pintu perlintasan Kereta Api, Rabu (15/7/2020)

Kegiatan ini dilaksanakan di pintu perlintasan Kereta Api jalan Jenderal Sudirman, Muaraenim, yang dipimpin langsung oleh Kapolres Muaraenim AKBP Donni Eka Syaputra yang didampingi Kasat Lantas AKP Feby Febriana dan anggotanya bersama Kepala Stasiun KA Muaraenim Budarto. Dalam kegiatan tersebut, para personil Polres Muaraenim melakukan sosialisasi yang berkerjasama dengan PT KAI kepada pengguna jalan dengan cara menutupkan pintu perlintasan  KA, lalu para pengguna jalan terutama roda dua diatur sedemikian rupa sesuai tanda start yang dibuat dijalan aspal berjarak 1-2 meter zig-zag antar sesama pengendara roda dua. Petugas Kepolisian melakukan sosialisasi baik secara lisan maupun menggunakan pamflet yang bertuliskan tentang himbauan bahaya penyebaran Covid 19 seperti Jaga Jarak 1-2 Meter dan Keluar Rumah Pakai Masker.

Kapores Muaraenim AKBP Donni Eka Syaputra yang didampingi Kasat Lantas AKP Feby Febriana mengatakan bahwa Traffic light di Kabupaten Muaraenim tidak ada makanya kita melakukannya di setiap pintu perlintasan KA terutama yang berada di daerah zona Merah Covid 19. Adapun kegiatan ini sifatnya menghimbau dan mengajak warga masyarakat khususnya pengguna jalan raya untuk mengikuti protokol kesehatan yang ada.

Mengenai apakah kegiatan ini akan membuat kemacetan, AKBP Donni membenarkan akan ada kemacetan. Namun kemacetan tersebut sudah pasti terjadi setiap KA Babaranjang melintas sebab pintu perlintasan ditutup. Dan ketika pintu ditutup biasanya akan terjadi penumpukan di pintu perlintasan dua arah yang cenderung bergerombol terutama untuk kendaraan roda dua sehingga sangat rentan sekali penularan antar sesama pengendara maupun penumpangnya.

“Kita lebih baik macet sedikit, daripada tertular Covid 19,” tegas Kapolres Muaraenim ini.

Kedepan, lanjut AKBP Donni, untuk sementara pihaknya akan menempatkan beberapa petugas Polisi di pintu perlintasan KA untuk terus melakukan sosialisasi pencegahan Covid 19. Dan lambat laun diharapkan masyarakat akan menjadi semakin sadar yang akhirnya menjadi kebiasaan untuk mematuhi protokol kesehatan tanpa ada petugas yang mengaturnya. Ditambahkan Kasatlantas Polres Muaraenim AKP Feby Febriana, dalam sosialisasi ini, kita lakukan  memberikan himbauan semenarik, unik dan kreatif mungkin agar masyarakat memperhatikan isi himbauan yang kami berikan. Selain itu, kami juga memberikan himbauan dan ajakan kepada masyarakat dengan pengeras suara yang ada di mobil dinas patroli kami.

“Kami tidak akan bosan – bosan melakukan sosialisasi. Lebih baik mencegah daripada mengobati,” pungkas AKP Feby.

Sementara itu Kepala Stasiun KA Muaraenim Budarto, pihaknya sangat mendukung kegiatan ini, sebab menghadapi Covid 19 ini adalah tugas bersama dan semua pihak. Untuk itu, pihaknya akan siap berkerjasama terutama di pintu perlintasan KA untuk sosialisasi masalah pencegahan dan mematuhi protokol kesehatan.

“Kita siap akan membuat spanduk himbaun tentang Covid 19, dan ini akan dilaporkan ke pimpinan,” ujarnya.


Tidak ada komentar